Mengapa Memulai Blog: 7 Manfaat dan Keuntungan Blogging
Mengapa Memulai Blog: 7 Manfaat dan Keuntungan Blogging
![]() |
Oleh : Odd Noodle |
Haruskah Anda memulai blog pada tahun 2025? Daftar manfaat dan keuntungan blog ini akan menunjukkan manfaat dan keuntungan blog.
Sejak dimulainya blog dan peluncuran WordPress pada tahun 2003, blog telah menjadi saluran pemasaran yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis. Saat ini, jutaan blogger di WordPress membuat blog. Faktanya, sekitar 70 juta posting baru ditulis di blog WordPress setiap bulan. Jadi, apakah layak memulai blog ketika ada jutaan blog di luar sana dan begitu banyak konten yang sudah tersedia? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan daftar manfaat blogging dan keuntungan blogging serta mempelajari alasan untuk memulai blog. Mengapa Memulai Blog?Apa alasan untuk memulai blog dan manfaat memulai blog yang membuat Anda layak menjadi seorang blogger ? Banyak orang memulai blog dan kecewa karena tidak memperoleh hasil instan dalam hal konversi, penjualan, dan pendapatan. Namun, bukan itu tujuan membuat blog untuk bisnis. Jika Anda memulai blog untuk meningkatkan penjualan dan konversi secara langsung, itu berarti Anda tidak benar-benar memahami manfaat sebenarnya dari blog untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis dan merek Anda. Dalam kasus tersebut, Anda akan lebih baik menggunakan iklan berbayar. Artikel ini juga bukan untuk Anda jika Anda hanya ingin mempelajari cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula atau cara mendapatkan uang dari blog . Namun, ini akan membantu Anda memahami manfaat memulai blog dan keuntungan memiliki blog untuk mengembangkan platform penulisan dan merek Anda , sebagai penulis, pembicara, pelatih, atau konsultan yang ingin memulai blog pada tahun 2025. Jika Anda memulai sebuah blog, Anda harus memahami bahwa manfaat blogging diperoleh dalam jangka panjang dan perlu waktu cukup lama bagi Anda untuk melihat dampak penuh dari mempelajari cara menjadi seorang blogger. 7 Manfaat dan Keuntungan Membuat BlogSebelum Anda mulai ngeblog, sebaiknya Anda mengetahui semua manfaat dan keuntungan mempelajari cara memulai blog yang sukses. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan daftar 7 manfaat blog untuk membantu Anda mempromosikan diri dan merek Anda. Jika Anda menerbitkan dan mempromosikan blog Anda secara konsisten, manfaat blog ini akan meningkat dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa keuntungan blogging dengan memulai blog pada tahun 2025: 1. Mulai blog untuk membangun kepercayaan dan otoritasTidak ada yang lebih penting dalam bisnis selain kepercayaan. Saat ini, pengunjung yang membuka situs web Anda lebih skeptis dan tidak percaya dari sebelumnya dan mereka perlu mengenal, menyukai, dan memercayai Anda sebelum berbisnis dengan Anda. Pembeli daring sering kali membeli produk dari orang yang belum pernah mereka temui atau bertransaksi dengan perusahaan di lokasi jauh yang belum pernah mereka kunjungi. Kepercayaan adalah mata uang yang memungkinkan bisnis daring. Di masa lalu, kepercayaan dibangun terutama dari mulut ke mulut – satu klien yang puas merekomendasikan suatu produk atau layanan kepada klien lain. Seiring berjalannya waktu, Anda memperoleh kepercayaan pelanggan dan membangun otoritas di bidang Anda. Saat ini, dengan banyaknya informasi yang disediakan internet, calon pelanggan tidak perlu menelepon teman-temannya untuk meminta rekomendasi. Sebaliknya, hampir sembilan dari 10 konsumen melakukan pembelian setelah membaca tentang suatu produk atau layanan di blog, dan, di antara konsumen berusia antara 18 hingga 34 tahun, blog dinilai sebagai sumber informasi terpenting untuk membuat keputusan pembelian. Membuat blog dapat membantu pemilik bisnis menciptakan kembali perasaan saling percaya dan keakraban yang sama seperti yang diberikan oleh komunikasi tatap muka dalam kasus toko fisik. Saat Anda memulai blog, blog menjadi suara Anda di web. Siapa pun dapat mengunjungi blog Anda, mempelajari merek Anda, dan membaca komentar atau ulasan tentang produk atau layanan Anda. Saat ini, pelanggan menghubungi vendor jauh setelah proses pembelian mereka. Hal ini menegaskan pentingnya blog dan menjadi alasan utama mengapa Anda harus memulai blog yang berisi konten bermanfaat yang meyakinkan pembaca tentang kredibilitas Anda. 2. Mulai blog untuk membuat konten yang bermanfaat dan informatifMenurut Hubspot, pada tahun 2020 lebih banyak orang tertarik membaca blog yang mengajarkan mereka cara melakukan sesuatu yang baru, untuk mempelajari berita atau tren di industri pekerjaan mereka atau sekadar untuk mencari hiburan. Anda harus memulai sebuah blog jika tujuan Anda adalah untuk dilihat sebagai pemimpin pemikiran di industri Anda dan menjadi sumber 'utama' di industri Anda. Namun, Anda perlu mempelajari cara mulai menulis konten untuk sebuah blog. Blog terbaik membahas masalah pelanggan dan membahas masalah spesifik yang dialami pelanggan. Jadi, secara konsisten memposting konten relevan yang dianggap berharga oleh pelanggan akan membantu Anda membangun otoritas di industri Anda. Bayangkan dampaknya saat Anda memulai blog dan menulis postingan blog bermanfaat yang menjelaskan berbagai masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Mereka cenderung akan terlibat dalam proses penjualan dan memercayai bisnis Anda karena Anda pernah membantu mereka sebelumnya. Misalnya, blog Leather Skin Shop menjawab pertanyaan yang sering diajukan seperti “Bagaimana cara mencuci jaket kulit tanpa merusaknya?” Blog ini juga menjawab pertanyaan yang dicari pembeli, seperti :
Jika Anda meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu di blog Anda, alih-alih sekadar berfokus pada mendapatkan pelanggan baru, Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai pakar pada topik tersebut di benak pembeli Anda. Setiap kali pembeli Anda mencari jawaban atas pertanyaan serupa, mereka akan lebih mungkin menemukan postingan blog Anda. Saat akhirnya tiba saatnya bagi mereka untuk membeli produk yang Anda jual, kemungkinan besar Anda akan berada di urutan teratas daftar mereka. Jika konten blog Anda bermanfaat dan informatif, memecahkan masalah pelanggan Anda, dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik, itu akan menjadikan Anda otoritas pasar. Selain itu, jika pelanggan Anda mengajukan pertanyaan dan tim penjualan Anda tidak mengetahui jawabannya, mereka dapat mencari informasi di blog dan menjawab pertanyaan pelanggan. Ingatlah bahwa ngeblog bukan hanya tentang menulis. Anda dapat menerbitkan konten dalam berbagai format di blog Anda – seperti sematan video YouTube atau konten audio dalam bentuk podcast , infografis, dan bahkan konten interaktif. Jika Anda malu terlihat di video, gunakan kiat-kiat ini untuk membuat konten video bagi kaum introvert tanpa pernah muncul di video Anda. 3. Mulai ngeblog untuk meningkatkan peringkat pencarianSalah satu manfaat terbesar memiliki blog di situs web Anda adalah blog tersebut akan menarik aliran pengunjung yang konstan dari Google jika blog tersebut dioptimalkan agar mendapat peringkat yang baik di mesin pencari. Anda dapat membuat blog di WordPress dan mengoptimalkannya untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google dengan kiat-kiat SEO dari para blogger ini . Jika Anda menerbitkan posting blog yang mendapat peringkat baik di Google, hal itu dapat membantu Anda mendapatkan otoritas, dan lalu lintas, serta menghasilkan prospek baru selama bertahun-tahun mendatang. Gunakan tips dan alat penulisan konten SEO di bawah ini untuk menemukan ide dan topik konten blog relevan yang dicari pelanggan Anda.
Blog adalah platform yang membutuhkan modal yang sangat sedikit. Yang dibutuhkan hanyalah investasi waktu, dengan asumsi Anda membuat konten sendiri. Jika Anda ingin mempelajari cara memulai menulis blog sendiri, sumber daya pendidikan blog ini akan membantu Anda mempelajari cara memulai blog dan menulis konten yang menarik pelanggan ideal Anda. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri, Anda dapat mengalihdayakan penulisan blog dan layanan blog lainnya kepada para profesional yang akan membantu Anda membuat, menulis, menerbitkan, mengelola, dan mempromosikan blog Anda. 4. Mulai ngeblog untuk membangun personal branding yang kuatMenurut perusahaan SEO Houston , salah satu praktik SEO terbaik adalah menciptakan merek bisnis atau merek pribadi. Pada akhirnya, membangun merek Anda sendiri akan berujung pada terciptanya Keahlian, Kewenangan, dan Kepercayaan (atau EAT) – akronim yang muncul sebagai hasil pembaruan “EAT” Google . Otoritas merek adalah kepercayaan yang diperoleh suatu merek di antara pelanggan dan calon pelanggan dalam bisnis. Otoritas merek juga mengacu pada persepsi pelanggan terhadap merek pribadi Anda dan sejauh mana mereka memandang Anda sebagai pakar dalam suatu subjek. Di antara sekian banyak cara untuk membangun merek pribadi Anda, blog adalah salah satu yang termudah dan paling ampuh. Sebagai penulis lepas yang mencari pekerjaan tambahan, Anda dapat memulai blog untuk membantu Anda memamerkan keterampilan menulis lepas atau pengetahuan Anda tentang industri yang Anda geluti. Jika blog Anda ditemukan oleh seorang jurnalis yang sedang meneliti cerita tentang industri Anda, itu dapat membantu Anda dikutip di media dan bahkan seluruh artikel Anda diterbitkan di publikasi terkenal. Saat Anda memulai sebuah blog, hal itu dapat membantu Anda memperoleh publisitas dan liputan media – dan bahkan membantu Anda menjadi kesayangan media – menjadikan Anda pemain yang kuat di mata audiens Anda dan membantu Anda mengalahkan pesaing Anda dalam hal liputan media dan visibilitas. Dengan blog resmi Anda sendiri, Anda dapat mencapai tujuan ini dengan relatif mudah, dibandingkan dengan upaya yang diperlukan untuk mengirimkan siaran pers (yang lebih sering dibuang) dan merayu wartawan. Dukungan pihak ketiga yang Anda peroleh saat media mewawancarai Anda dan memposisikan Anda sebagai pakar yang “diandalkan” memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda adalah pilihan yang lebih dapat dipercaya dibandingkan pesaing Anda. Saat Anda memulai sebuah blog dan ditemukan oleh media, hal itu juga akan membantu meningkatkan kesadaran teratas Anda saat pelanggan membutuhkan solusi yang Anda tawarkan. 5. Mulai blog untuk mendapatkan pelanggan dan prospekPerusahaan yang cerdas memahami kekuatan pemasaran izin melalui pembaruan email dan mengetahui kekuatan memiliki daftar pelanggan email yang dapat mereka pasarkan berulang kali. Blog dapat menjadi alat yang berharga untuk menghasilkan prospek . Menulis blog secara teratur akan memberikan insentif kepada pembaca dan calon pelanggan untuk berlangganan posting Anda. Sebuah Studi ROI HubSpot , yang dilakukan oleh dua mahasiswa MBA dari MIT dan Babson, menemukan bahwa 69% bisnis yang disurvei mengaitkan keberhasilan perolehan prospek mereka dengan blog. Memiliki daftar pembaca yang kepadanya Anda dapat mengirimi informasi terkini secara berkala tentang produk dan penawaran terkini akan membuat mereka kembali berulang kali ke situs web Anda, dan dapat mendongkrak lalu lintas dan penjualan Anda. Semakin awal Anda memulai blog dan membangun daftar pelanggan email , semakin besar pula manfaat yang akan diperoleh dari memiliki daftar besar pelanggan yang memilih untuk membaca kiriman Anda. Milis yang besar juga akan memberi Anda keuntungan berupa bukti sosial dan membuat Anda lebih berpengaruh daripada pesaing Anda. Milis dapat membantu Anda selama masa ekonomi lesu karena mengurangi biaya iklan untuk mendapatkan pelanggan baru dan membuat penjualan Anda berjalan otomatis. 6. Mulai blog untuk konten media sosial yang segarTidak seperti akun media sosial Anda (di mana Anda bisa kehilangan segalanya jika akun Anda ditangguhkan atau dihapus – seperti yang dialami banyak influencer media sosial), blog adalah real estat virtual yang ANDA miliki. Yang lebih penting adalah kenyataan bahwa Anda dapat menggunakan kembali konten blog Anda untuk membuat postingan media sosial selama setahun yang dapat Anda otomatiskan dan posting di akun media sosial Anda. Saat Anda menerbitkan artikel blog secara berkala, Anda dapat menggunakannya kembali di media sosial untuk menciptakan kesadaran teratas dan menjaga merek pribadi Anda di hadapan pelanggan, mengingatkan mereka mengapa mereka membutuhkan layanan Anda. Anda juga dapat menemukan plugin WordPress gratis yang menerbitkan ulang konten menarik dari blog Anda dan mengisi profil media sosial Anda dengan konten relevan. Jika Anda tidak ingin menanganinya sendiri, Anda dapat menyewa agensi media sosial untuk mengelola pembaruan media sosial Anda atau mengotomatiskannya dengan perencana dan penjadwal konten media sosial . 7. Mulai blog untuk mendapatkan penghasilan afiliasiBanyak pelatih dan konsultan terkenal yang menjual produk dan layanan mereka sendiri juga memperoleh penghasilan tambahan dari pemasaran afiliasi dengan merekomendasikan produk dan layanan terkait kepada audiens mereka. Jika Anda memulai sebuah blog yang mendapat banyak sekali lalu lintas organik, Anda dapat memanfaatkan lalu lintas yang sangat tertarget ini dengan menulis ulasan dan rekomendasi untuk berbagai produk afiliasi dan memperoleh penghasilan afiliasi yang cukup bagus tanpa perlu bersusah payah. Ada banyak blogger profesional dan terkenal yang mendapatkan penghasilan afiliasi enam digit selain menjual produk dan layanan mereka sendiri dan penghasilan tambahan ini tidak bisa dianggap remeh. Mempelajari cara memulai blog dan cara membuat blog bisa jadi hal yang menakutkan karena berbagai alasan. Kebanyakan orang tidak punya waktu, tidak bisa mengikuti kalender konten, atau berpikir bahwa tidak akan ada yang membaca blog mereka. Semua ini adalah kekhawatiran yang valid, tetapi jika dilakukan dengan benar, manfaat blog bagi bisnis dan merek Anda sangat besar. Blog yang sukses tidak hanya akan meningkatkan visibilitas merek Anda tetapi juga meningkatkan penjualan dan laba Anda dalam jangka panjang. Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk membuat blog dan menjadi blogger sukses, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum Anda memulai sebuah blog . Ingin belajar cara membuat blog di WordPress? Anda dapat mempelajari WordPress dan membuat blog Anda aktif dan berjalan dalam waktu kurang dari satu akhir pekan dengan tutorial WordPress untuk pemula ini. Oleh : Priya Florence Shah |